Home Hukrim Hakim PN Labuan Bajo Vonis Bebas Frans Oan Terdakwa Kasus Pemalsuan Dokumen

Hakim PN Labuan Bajo Vonis Bebas Frans Oan Terdakwa Kasus Pemalsuan Dokumen

781
0
SHARE

Labuan Bajo – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur NTT memberikan Vonis Bebas kepada Terdakwa Frans Oan Semewa alias Oan yang dituduh kasus pemalsuan dokumen.

Vonis bebas terhadap terdakwa Frans Oan Semewa berlangsung di ruangan Utama lantai I Pengadilan Negeri Labuan Bajo pada senin (13 Mei 2019) sekitar pukul 15.30 wita.

Jalannya sidang kasus yang menimpah Oan dipimpin oleh ketua majelis hakim Muhammad Nur Ibrahim,S.H, M.H didampingi I Gede Susila Guna Yasa,S.H dan Putu Lia Puspita, S.H,M.Hum dibantu Panitera Pembantu Yoksan Abimelek Tahun, S.H, sedangkan terdakwa Frans Oan Semewa di dampingi oleh tim kuasa hukumnya John Rihi bersama dua rekannya, Dr. Yanto M.P. Eko ,S.H,M.Hum dan Meriyeta Soruh,S.H.

“Dalam amar putusan majelis hakim yang dibacakan Muhammad Nur Ibrahim menyatakan, terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan tidak bersalah melakukan tindak pidana pemalsuan dokumen sebagaimana yang didakwakan jaksa sebelumnya,”kata majelis Hakim Muhammad.

Bahwa tuntutan jaksa penuntut umum dihapus kepada terdakwa Frans Oan karena telah lewat tegang waktu atau kedaluwarsa.

Membebaskan terdakwa Frans Oan dari segala dakwaan dan tuntutan, karena tidak terbukti melanggar Pasal 264 ayat (2) KUHP atau dengan sengaja memakai surat palsu dengan menerapkan Pasal 263 (2) KHUP.

“Majelis hakim mengatakan, terdakwa Frans Oan di bebaskan. Hakim juga memerintahkan kepada JPU agar terdakwa dikeluarkan dari tahanan negara setelah amar putusan di bacakan. Segala biaya persidangan dibebankan kepada negara,”kata Majelis hakim.

Atas keputusan hakim tersebut, Jaksa Penuntut umum dari kejari Labuan Bajo dan terdakwa melalui kuasa hukumnya, Johanes D Rihi Cs, menyatakan masih pikir – pikir.

(Tni/smr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here