Home Ekbis Diduga Polusi Abu Pabrik Ready Mix Illegal Milik PT. Sinar Bagun Mandiri...

Diduga Polusi Abu Pabrik Ready Mix Illegal Milik PT. Sinar Bagun Mandiri Meresahkan Warga Lasiana

707
0
SHARE

Kupang – Dugaan Polusi Abu Pabrik Ready Mix Illegal Milik PT. Sinar Bangunan Mandiri yang berlokasi di RT.34 dan 33 Rw. 09, Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur NTT meresahkan masyarakat.

“Kami sangat meresahkan atas pembangunan Pabrik Ready Mix itu yang diduga belum berijin atau Ilegal,”kata beberapa Warga Rt. 33 yang tidak mau dikorankan nama mereka kepada Sebelas Maret.com pada, Sabtu (8/6/2019) sekitar pukul 13.30 wita.

Menurut mereka, Pabrik Ready Mix itu diduga kuat Pabrik llegal yang dipelihara oleh oknum-oknum pejabat kota kupang yang berdiri dan beroperasi sejak tahun 2008 sampai sekarang, dan kami sebagai warga hanya hirup abu-debu dari Pabrik itu,”kata mereka.

Lebih lanjut kata Mereka, bahwa awalnya pemkot memberikan ijin kepada PT. Sinar Bangun Mandiri adalah ijin mendirikan kantor dan Mess Karyawan namun pelaksanaannya Direktur PT. Sinar Bangun Mandiri mengubah ijin tersebut menjadi Ijin mendirikan pabrik,”beber mereka.

Pada tahun 2009 lalu kami sempat berkeberatan terhadap pendirian pabrik tersebut ke walikota kupang. Saat itu, pemkot sempat memverikan 2 kali surat teguran kepada Direktur PT. Sinar Bangun Mandiri, akan tetap tidak di pindahkan.

Kemudian perusahaan malah memperluas operasinya secara besar-besaran sehingga mengakibatkan abu debu yang melebihi batas-kemanusiaan yang masyarakar dibunuh secara perlahan-lahan oleh kebijakan pemkot yang melegalisasi pabrik Ready Mix llegal tersebut kepada PT. Sinar Bangun Mandiri,”kesan mereka.

Senada disampaikan warga, Yance Mesah, salah satu toko pemuda di Rt.43 Rw. 09 mengaku bahwa, apa yang di sampaikan warga Rt. 33 itu benar, karena dengan aktifitas pabrik tersebut membuat warga hidup tidak nyaman menghirup udara yang tidak sedap dari pabrik tersebut sehingga rumah warga di penuhi dengan debu,”tegas Yance.

Yance berharap, Pemerintah Kota Kupang harus melakukan penutupan Pabrik Ready Mix llegal milik PT. Sinar Bangunan Mandiri tersebut, karena selain dari dampak polusi abu debu yanh berdampak kesehatan warga Rt 33 dan 34 dan juga menghindari tumpahan material yang dihasilkan oleh mobil moleng pengangkut hasil Ready Mix yang di tumpahkan sepanjang jalan Prof. Dr Herman Johanes yang mengakibatkan kecelakaan kendaraan bermotor,”Tegas Yance.

Sementara Pantauan Media ini di lokasi pabrik terlihat debu selalu mengancam kesehatan masyarakat setempat di saat angin kencang. Bahkan masyarakat harus berhati hati saat makan siang bersama keluarga.

Sehingga berita ini di turunkan Pihak Direktur PT. Sinar Bangunan Mandiri belum dapat di konfirmasi dengan alasan tidak ada di tempat,”Ungkap Anak Buahnya yang Tidak Mau di Korankan namanya.

Video: Pabrik Ready Mix Milik PT. Sinar Bangunan Sedang Beraktifitas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here