Home Dunia Modus TKI Ilegal Kian ‘Marak’ Satgas Amankan di Bandara El Tari Kupang

Modus TKI Ilegal Kian ‘Marak’ Satgas Amankan di Bandara El Tari Kupang

112
0
SHARE

Sebelas Maret – Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur NTT, mendapatkan pengawalan ketat dari aparat Kepolisian, TNI maupun dari satgas Dinas Tenaga Kerja dan transmigrasi Naketrans Prov NTT. Namun, para calon TKI kian ‘marak’.

Pasalnya, modus tenaga kerja yang diketahui asal kabupaten Kupang, Kabupaten TTS, Kabupaten TTU, Malaka dan Kabupaten Belu selalu ditangkap oleh aparat kemanan Satgas di Bandara El Tari Kupang.

Mirisnya, Berbagai modus TKI ilegal digunakan untuk mengecoh petugas satgas nonprosedural bandara El Tari Kupang.

Fakta di dalam kurun waktu satu bulan saja yaitu Juni 2019 sudah lima kali terjadi pencekalan. Apakah yang sebenarnya terjadi, maka sosialisasi yang hilang memang perlu dilakukan.

Pada Kamis, (27/06/2019) satgas telah mencekal lagi 6 orang sedangkan Jumat (28/06/2019) satgas kembali mencekal 7 orang secara beruntun dengan total 13 orang, laki-laki 8 laki-laki dan perempuan 5 orang yang diundang berangkat dengan tujuan sebagai TKI.

“Belum lagi mereka yang lolos dari pengawasan petugas dan para TKI sudah keluar dari NTT,”Volkes Nanis salah satu petugas satgas,”kepada wartawan Jumad (28 juni 2019) dikupang.

Menurut Volkes, petugas telah bekerja secara optimal berdasarkan tupoksi yang ada dikonfirmasi juga melakukan pencerahan dan meminta persuasif, namun masih ada yang mengelabui sehingga lolos dengan berbagai modus. Modus yang dilakukan diperbolehkan, ingin kuliah, berlibur, menjenguk saudara, bahkan di antar langsung oleh orang tua kandung.

“Kami sudah siap optimal, namun masih ada yang mengelabui kami sehingga lolos dengan memakai berbagai modus, bahkan ada yang berangkat bersama orang tua kandungnya. Kami juga prihatin dengan risiko yang akan menimpa mereka yang berhasil lolos ”. Urai Volkes.

Melihat fakta yang ada maka, sangat diperlukan solusi efektif dari pemerintah atau elemen yang terkait dengan bantuan yang ada / preventif yang lebih “tertata, terarah, terukur dan tepat sasaran”. Masalah TKI NTT adalah masalah serius, sebuah tindakan pribadi yang menimbulkan stigma.

(dza/mar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here